Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan memiliki visi Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi adalah menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing di bidang pendidikan sekolah dasar sesuai dengan perkembangan IPTEKS berlandaskan budaya santri. Untuk mencapai misi tersebut tentunya aspek kemahasiswaan sangat penting untuk diperhatikan. Aspek kemahasiswaan ini meliputi input calon mahasiswa dan pelayanan serta pengembangan mahasiswa. Seperti yang kita ketahui, untuk menghasilkan output yang berkualitas, tidak cukup hanya mengandalkan proses pembelajaran, kualitas input calon mahasiswa pun perlu diperhatikan. Selain meningkatkan kualitas secara akademik, kualitas non akademik juga sangat penting untuk mahasiswa seperti soft skill dan karakter. Mengingat mahasiswa merupakan aset nasional dan sumber daya insani yang strategis maka perlu diberi peluang dan kesempatan seluas-luasnya untuk mengaktualisasikan diri secara utuh dan bertanggung jawab. Hal inilah yang harus difasilitasi oleh fakultas melalui layanan-layanan kemahasiswaan, yang meliputi bidang penalaran, minat dan bakat, kesejahteraan (bimbingan dan konseling, layanan beasiswa, dan layanan kesehatan), dan bimbingan karir serta kewirausahaan. Untuk menjamin terkontrolnya kualitas input dan ketersediaan layanan mahasiswa seperti yang disampaikan di atas, dan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang tertuang dalam Permendikbud No 3 Tahun 2020 (sebelumnya Permenristekdikti No 44 Tahun 2015), maka Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi wajib untuk memiliki dan menetapkan Standar Kemahasiswaan untuk meningkatkan mutu kemahasiswaan dan alumni. Sebagai bentuk pelaksanaan dari standar kemahasiswaan maka ditetapkan strategi pencapaian standar kemahasiswaan yang secara umum tertuang dalam Renstra. Dengan penetapan strategi pencapaian ini diharapkan standar kemahasiswaan yang telah ditetapkan dapat tercapai bahkan terlampaui secara bertahap dan kontinu. Adapun hal-hal bentuk pelayanan kemahasiswaan yang disediakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FIP Universitas hamzanwadi antara lain:

Bakat:

 

 

NO

JENIS

DESKRIPSI

1.       

BEM FIP

Bem fakultas merupakan jenis pelayanan minat yang berada di bawah nanungan fakulktas ilmu pendidikan.

2.       

HMPS PGSD

HMPS Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) adalah singkatan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. HMPS PGSD merupakan organisasi mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di program studi PGSD. Organisasi ini biasanya memiliki berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, memberikan dukungan akademik dan sosial kepada anggotanya, serta memperkuat jalinan kerjasama antara mahasiswa dan pihak-pihak terkait dalam konteks pendidikan guru sekolah dasar.

3.       

UKM SIMIK (Senteral Ikatan Mahsiswa Ilmiah Kampus)

UKM simik adalah wadah organisasi yang dikelola oleh mahasiswa universitas hamzanwadi. UKM SIMIK memiliki beragam bidang kegiatan yang fokusnya padan bidang peneletian. Mahasiswa dapat mengembangkan minat, bakat, keterampilan, dan kepemimpinan mereka di luar kegiatan akademis. UKM SIMIK juga bermanfaat bagi pengembangan diri dan terutama dalam penyelesain tugas akhir mahasiswa.

4.       

UKM RACANA

Racana Halimatussya’diyah hamzanwadi adalah unit kegiatan mahasiswa (UKM) di Universitas Hamzanwadi. Racana sebagai wadah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang kepramukaan, racana juga sebagai wadah mahasiswa universitas hamzanwadi untuk berlatih dan berkarya baik dalam bidang kepramukaan maupun dalam bidang-bidang lain pada umumnya, yang dapat digunakan sebagai bekal hidup di masyarakat.

5.       

UKM ESC (English Speaking Club)

Englis Speaking Club (ESC) adalah unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang fokus mewadahi mahasiswa dalam mengembangkan skil berbahasa inggris.

6.       

UKM PORKA (Federasi Olahraga Kampus)

Federasi olahraga kampus adalah unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang keolahragaan yang terdiri dari berbagai macam cabng olahraga. Tujuan dari forka adalah sebagai wadah mahasiswa untuk mengembangkan skil-skil dan membuka ruang untuk semua mahasiswa mengembangkan prestasi dalam bidang keolahragaan.

7.       

UKM PENAR

Pesona Nuansa Rinjani (PENAR) adalah Unit kegiatan mahasiswa (UKM) di Universitas Hamzanwadi yang fokus mewadahi bakat dan minat mahasiswa dalam bidang marching band.

8.       

UKM PIK-R

PIK-R (Pusat Informasi dan konseling Remaja) Hamzanwadi merupakan wadah kegiatan program Generasi Berencana yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja guna memberrikan pelayanan informasi dan konseling tentang kehidupan berkeluarga bagi remaja dan kegiatan penunjang lainnya yang berada di bawah naungan BKKBN dan Universitas Hamzanwadi.

9.       

UKM KSR PMI Unit hamzanwadi

Korps sukarela palang merah Indonesia (KSR-PMI) unit universitas hamzanwadi merupakan kesatuan unit PMI yang berada disetiap perguruan tinggi atau mulai dari usia 18-35 tahun. Saat ini KSR-PMI unit universitas hamzanwadi ditetapkan sebagai unit kegiatan mahasiswa (UKM) internal yang sifatnya legal di universitas hamzanwadi, yang bergerak pada bidang kesehatan, sosial, kemanusiaan.

10.   

UKM PPQ

Pusat Pencinta Qur’an (PPQ) merupakan Unit kegiatan mahasiwa (UKM) yang berada di bawah naungan Universitas Hamzanwadi yang fokus untuk mengembangkan dan mewadahi bakat mahasiswa dalam tilawatil qur’an.