Profil

Administrator 05 Jan 2020

Visi & Misi

VISI

Visi Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi adalah menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing di bidang pendidikan sekolah dasar sesuai dengan perkembangan IPTEKS berlandaskan budaya santri.

 

MISI

Misi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Hamzanwadi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dilandasi nilai-nilai ajaran Islam dan moral Pancasila, berbasis pada kompetensi, dan berdasarkan pada kebutuhan global.
  2. Menciptakan suasana akademik yang berkepribadian, dinamis, kreatif, dan adaptif terhadap pengaruh global.
  3. Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan dasar berbasis pada bidang keahlian yaitu matematika, sains, bahasa Indonesia, IPS, dan PKn.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan penelitian dan pendidikan sekolah dasar berbasis pada kebutuhan masyarakat.
  5. Menyelenggarakan kemitraan dengan instansi, alumni dan atau organisasi yang terkait di bidang pendidikan dasar.

 

TUJUAN

Tujuan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Hamzanwadi:

  1. Menghasilkan guru SD yang kompeten, peka terhadap perubahan global, serta dilandasi nilai-nilai ajaran islam dan moral pancasila.
  2. Terciptanya suasana akademik yang berkepribadian dinamis, kreatif, dan adaptif terhadap pengaruh global.
  3. Menghasilkan penelitian di bidang pendidikan dasar untuk meningkatkan mutu pendidikan.
  4. Terselenggaranya kegiatan pengabdian masyarakat yang terintegrasi dengan penelitian dan pendidikan sekolah dasar berbasis pada kebutuhan masyarakat.
  5. Terjalinnya kemitraan yang bersinergi dengan instansi, alumni dan atau organisasi yang terkait untuk peningkatan mutu tri dharma perguruan tinggi.

 

STRATEGI PENCAPAIAN TUJUAN

  1. Membekali mahasiswa dengan kompetensi pembelajaran inovatif mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar; penguatan pengamalan nilai-nilai Islami dan karakter ke-Indonesia-an dalam kehidupan kampus; serta peningkatan kemampuan lulusan dalam bidang minat dan bakat serta penalaran.
  2. Melibatkan stakeholder internal dan eksternal dalam memberikan masukan dan saran sebagai bentuk evaluasi program studi; meningkatkan layanan berbasis teknologi; serta meningkatkan fungsi HMPS dalam kegiatan pembelajaran.
  3. Peningkatan mutu dosen; peningkatan jumlah dan kualitas publikasi ilmiah; penguatan kemampuan literasi; serta melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dosen.
  4. Peningkatan mutu dosen; peningkatan jumlah dan kualitas publikasi ilmiah; melaksanakan kegiatan Kemah Bakti kepada Masyarakat setiap tahun; penguatan kemampuan literasi; serta melibatkan mahasiswa dalam kegiatan PkM dosen.
  5. Menjalin kerjasama dengan instansi multipihak tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian.