PGSD MENGABDI MELALUI KBPM KE-VII

 

HMPS PGSD Universitas Hamzanwadi melaksanakan kegiatan Kemah Bakti PGSD ke Masyarakat (KBPM) ke VII Tahun ajaran 2023/2024 mulai tanggal senin 24 juli sampai minggu 30 juli 2023 di Desa prian kec. Montong Gading. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya HMPS PGSD tetap melaksanakan kegiatan KBPM ke-I  sampai KBPM ke-VI sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat setempat.

Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti serangkaian kegiatan yang sudah disiapkan oleh panitia kegiatan KBPM. Untuk persiapan KBPM itu sendiri dimulai dari dibentuknya panitia pada bulan juli. Proses perencanaan sampai hari-H sangat panjang dan menjadi tantangan bagi panitia. Pasalnya kegiatan KBPM ini tidak dilakukan sehari melainkan selama tujuh hari.

Pembukaan KBPM ke-VII dilaksanakan pada hari senin, 24 juli 2023 di gedung serbaguna Desa prian. Pada kegiatan tersebut di angkat tema “Aksi nyata mahasiswa PGSD melalui tri dharma perguruan tinggi untuk membangun jiwa PEKA di Era 5.0 ”. pada pembukaan ini saudara Muh. Hafizul Wardian selaku ketua panitia KBPM ke-VII mengutarakan harapannya “ saya selaku ketua panitia mewakili teman-teman panitia yang lain sangat berharap dengan adanya kegiatan KBPM ini bisa menumbuhkan rasa solidaritas mahasiswa terhadap masyarakat dan juga masyarakat bisa ikut berpartisipasi dan mensupport kegiatan ini” ujarnya.

Dalam hal ini prodi,fakultas dan instansi luar ikut serta dalam menunjang keberlangsungan kegiatan ini. Adapun serangkaian acara yang diikuti pleh para peserta  KBPM ke-VII yaitu ngobrol pintar dengan aparatur desa,go to school, go to TPQ, sosialisasi PPG prajab dan Daljab,  pelatihan PTK, sosialisasi pemamfaatan media sosial, penyuluhan bahaya stunting, pentas teater, lomba dan api unggun.

Kegiatan go to School ini, mahasiswa terjun langsung ke sekolah-sekolah terdekat untuk melakukan observasi dan menjadi asisten guru disana. Sedangkan untuk kegiatan go to TPQ mahasiswa setiap sore menjelang maghrib akan pergi ke musholla dan masjid terdekat untuk mengajarkan anak-anak mengaji. Go to school dan Go to TPQ dilakukan setiap hari selama kegiatan KBPM ke-VII ini.

Kesuksesan kegiatan tersebut tidak lepas dari segala kerja keras panitia KBPM ke-VII DAN pihak-pihak yang terlibat. Banyak harapan yang tumbuh setelah diadakannya kegiatan ini salah satunya melalui  pengalaman ini diharapkan peserta dapat mengimplementasikan apa saja yang di dapat pada kegiatan tersebut.